Keajaiban Otak

Penelitian mutakhir membuktikan bahwa otak manusia terdiri dari bermilyar-milyar sel aktif. Sejak lahir sedikitnya kita mempunyai 100 milyar sel otak aktif. Setiap sel mampu membangun jaringan masing-masing 20.000 cabang atau dendrite.
Yang mencengangkan, ketika awal kehidupan otak kita berkembang melalui proses belajar alalmiah dengan kecepatan 3 milyar sambungan per detik. Sebabai ilustrasi, ketika tahun 1997 dalam 3 hari pertama jutaan pengguna computer dapat membuat jaringan internet 200 juta sambungan, padahal otak manusia hanya dalam 1 detik mampu membuat jaringan 15 kali lebih besar dibandingkan jaringan internet dalam 3 hari.

Otak Kiri dan Kanan
Selama ini dalam belajar atau kehidupan sehari-hari, kita hanya menggunakan setengah kemampuan saja, yakni otak kiri. Seharusnya otak kiri dan kanan dimanfaatkan semua secara harmonis. Cirri kerja otak kiri : berfikir secara berurutan, bagian perbagian, logis. Otak kanan bekerja melengkapinya yakni berfikir acak, holistic atau menyeluruh dan kreatif.
Otak kanan berperan besar dalam proses menghafal cepat, membaca cepat, dan berfikir kreatif.
Ada tiga bagian utama otak manusia, yakni :
a. Batang Otak (otak reptile)
Batang Otak posisinya di tengkorak bagian dasar. Kerja batang otak mengontrol banyak fungsi dasar seperti : pernafasan, detak jantung, instink-instink (melawan, marah, berlari, dan lain-lain).
b. Sistim Limbik (otak mamalia)
Sistim Limbik adalah bagian tengah otak yang melapisi batang otak, bagaikan kerah baju. Komponen kuci sistim limbik ini adalah Hipotalamus dan Amikda. Tugas sistim limbik adalah mengendalikan perilaku emosional dan perilaku yang mencapai tujuan tertentu. Limbik inilah yang mengendalikan memori (ingatan), emosi, hormone, rasa haus, lapar, metabolisme, fungsi kekebalan, kesehatan dan seksualitas. Hal lain yang dikendalikan oleh sistim Limbik adalah rasa senang, permainan, peran, kerja sama, dan permainan lain yang termasuk bagian penting dalam proses belajar. Jadi secara ilmiah sangat dibenarkan untuk menggunakan kreatifitas seni drama, warna-warni, emoi, permainan-permainan, sebagai alat bantu dan sarana efektif pendidikan. Pada suasana hati yang tidak nyaman misalnya membosankan, lelah, jenuh, sistim Limbik bekerja secara negative, sebaliknya jika kita mendesain sedemikian menggairahkan, memotivasi, memancing, membangkitkan semangat, maka sistim Limbik akan bekarja produktif.

c. Neo Korteks (Otak berfikir)
Lapisan paling luar dan membungkus sitim Limbik adalah Neo Korteks. Lapisan Neo Korteks hanya dimiliki oleh otak manusia, makhluk lain tidak memiliki. Tebalnya hanya sekitar 1/8 inci berbentuk lipatan-lipatan.
Neo Korteks ini benar-benar luar biasa, tempat kecerdasan yang membuat kita menjadi betul-betul manusia. Neo Korteks berhubungan dengan fungsi-funsi antara lain : melihat, mendengar, mencipta, berfikir, dan berbicara. Dalam Neo Korteks keputusan-keputusan dibuat, pengalamn-pengalaman disimpan dalam memori, pembicaraan diproduksi dan dipahami, lukisan dilihat dan diapresiasi, musik didengar dan dinikmati.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati